Jaja Penyon

Jaja penyon adalah salah satu jajan yang dipakai metanding (menyusun sarana banten) oleh umat Hindu pada saat upacara-upacara keagamaan dilakukan di Bali. 
Jajan ini dibuat dengan adonan warna-warni yang kemudian dibentuk sedemikian rupa kemudian digulung dengan satu tehnik tertentu baru kemudian diiris tipis-tipis selanjutnya dijemur hingga kering lalu kemudian digoreng.
Membikin jaja penyon ini memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, yang saya tahu dari 200 orang ibu-ibu paling banyak 1 orang yang bisa dan mau membuat jajan jenis ini, yang lainnya lebih suka membeli yang sudah jadi biar lebih praktis. Bahkan beberapa keluarga sudah mulai meninggalkan metanding menggunakan jajan ini, diganti dengan krupuk melinjo yang gampang dicari di pasar.

                             

Biasanya yang melakukan kegiatan bikin jajan ini adalah ibu-ibu walaupun di beberapa tempat generasi muda yang putri sudah mulai ikut belajar membuat jajan ini.
Saat membuat jajan ini perlu kesabaran dan keuletan terutama saat mengiris harus sangat berhati-hati agar irisan setipis mungkin tapi tidak merusak pola yang sudah dibentuk.

Kalau jajan ini sudah kering benar, maka bisa disimpan dalam kaleng atau dibungkus plastik agar tidak layu. Kapan mau digunakan tinggal digoreng saja. Apakah teman-teman pernah menikmati jaja penyon? atau apakah pernah bikin jajan jenis ini?