Jaja Pisang Rai - Pisang Goreng Versi Rebus

Pernahkah Anda makan pisang goreng? Kalau belum pernah makan pisang goreng maka bisa dibilang Anda bukan orang Indonesia. Orang Indonesia doyan banget makan pisang goreng alias pisgor. Seandainya Anda main-main ke Bali dan menyempatkan diri pagi-pagi ke warung kopi atau pasar tradisional, maka Anda akan menemukan sebuah makanan yang sangat khas yang disebut jaja pisang rai. Jaja pisang rai ini adalah pisang yang dibalut dengan adonan tepung kemudian direbus, tidak seperti pisang goreng yang digoreng.


Direbus dalam air panas yang di isi pandan agar makanan ini menjadi lebih nikmat. Kalau sudah matang tinggal ditiriskan dengan sendok yang ada lunbang-lubangnya.


Jaja pisang rai dengan tampilan finalnya adalah seperti yang terlihat dalam foto. Kalau jajan ini dimasukkan ke dalam mulut akan terasa kenyal dan segar. Penyajian jaja pisang rai ini caranya dengan ditata diatas piring kemudian ditaburi parutan kelapa yang sudah dibersihkan setelah itu baru kemudian disiram dengan gula aren atau gula merah yang sudah dicairkan. Rasa dari pisang ini sangat mantap kalau pisangnya juga manis atau agak matang. Sekali mencoba biasanya akan menjadi ketagihan, apalagi kalau ditemani secangkir kopi atau teh, dijamin mak nyoss dech...