Obat alami untuk mengatasi batuk

Pergantian musim seringkali dibarengi dengan banyaknya orang yang terkena penyakit pilek dan batuk. Penyakit batuk adalah penyakit yang gampang menular. Jika salah satu anggota keluarga lagi batuk, sebaiknya segera diberikan obat atau diberitahu cara bikin obat agar penyakitnya tidak menyebar ke anggota keluarga yang lain, apalagi sampai seluruh rumah semuanya batuk-batuk...wah repot penanganannya.

Untuk mengobati batuk dewasa ini sudah banyak jenis obat-obatan yang dijual dari apotik sampai warung-warung terdekat namun setiap obat ada efek sampingnya. Agar merasa lebih aman ada baiknya kita coba obat herbal/alami berikut ini.







Cara yang paling gampang adalah dengan jeruk nipis plus madu. caranya jeruk nipis dibelah jadi dua terus belahan bagian dalamnya dibakar sedikit biar jadi panas lalu diperas dalam sebuah cangkir terus ditambahin 3  sendok makan madu. diaduk  dan langsung diminum pelan-pelan. Rasanya enak banget asam manis dan hangat di tenggorokan. Coba minum obat ini 3x sehari, pasti lekas sembuh.
Apabila batuk sudah berdahak ramuan diatas bisa ditambahkan dengan air jahe atau air kunyit kurang lebih 2 sendok makan sebagai antibiotik. 




Bahan obat yang lain yang gampang dicari adalah daun sirih. Caranya 11 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas, Lebih mantap diminum selagi hangat. Larutan ini rasanya sepat, sedikit pahit dan meninggalkan rasa hangat di dada dan tenggorokan setelah diminum.  Selamat mencoba.