Sayuran organik yang bener-bener alami di pancasari

 Dewasa ini semakin banyak orang yang perduli dengan berharganya kesehatan, ini disebabkan informasi tentang kesehatan yang santer disampaikan para pelaku multi level marketing terutama yang berkecimpung dalam penjualan produk-produk kesehatan. Faktor lain penyebab meleknya masyarakat akan arti penting kesehatan adalah informasi dari media televisi, surat kabar, radio dan juga dari pengalaman/ bukti langsung di masyarakat atau bahkan pengalaman pribadi.

Sering orang menyampaikan bahwa makanan adalah sebagai sumber kesehatan tetapi kalau kita salah makan maka bisa menimbulkan yang sebaliknya yaitu terkena penyakit atau merosotnya kesehatan.

Mengkonsumsi produk organik lebih baik daripada menkonsumsi yang anorganik. Beberapa produk organik yang secara alami dan turun temurun sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat pancasari adalah Buah Jepang/Labu siam, bayam, dan daun singkong. Sebenarnya masih ada yang lain seperti embung, kara, kelongkang dan paku tetapi keberadaan komoditas sudah sangat jarang dijumpai. Sayuran tersebut memang sama sekali gak pernah diperlakukan menggunakan pestisida, jadi 100% murni alami organik, seandainya ada penyertifikatan masalah keorganikan sayuran ini maka pastinya akan dapat sertifikat prima 1.



Dalam seminggu memek biasanya sempat nyari buah jepang barang dua atau tiga kali. Pohon Jepang yang tumbuh secara alami di pojok halaman menjadi sumber produk organik yang berkualitas prima.

Disamping buahnya, pucuk muda dari tanaman jepang ini juga sangat enak kalau dibikin sayur, yang paling populer adalah dibikin plecing muncuk jepang.

Anak-anak kecil sangat hobby mengonsumsi sayur jepang ini karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang khas dan menyegarkan.



Makan nasi ditemani dengan sayur jepang sangat terasa alaminya setelah makan pencernaan terasa enak dan tubuh rasanya nyaman.

Kalau anda mencari sayur jepang ini di hotel bintang lima atau di restoran mewah kemungkinan gak akan anda temukan, tetapi kalau di daerah pedesaan atau pegunungan seperti daerah pancasari maka anda akan dapatkan langsung dengan mudah.

Foto disebelah kanan ini adalah salah satu menu yang khas di pedesaan yang terdiri dari engseban jepang, engseban bayem, sambel bawang, gorengan taluh serta gorengan sudang.

Jika anda pengen menikmati makanan organik dengan aroma, rasa, dan suasana pedesaan, sebaiknya coba yang yang satu ini.

Cara menikmati engseban jepang ini dioleskan ke sambel bawang, abis gitu baru dimaem. Rasanya Maknyos lho.

Catatan: -memek         = ibu
             - engseban      = rebusan
              -jepang          = labu siam
              -sudang          = ikan asin
              -muncuk         = pucuk
              -embung         = bambu muda