Napas Segar dengan Jeruk Nipis


MULUT merupakan organ yang harus Anda perhatikan. Karena kalau mulut dan gigi tidak terawat baik akan menimbulkan bau mulut. Lalu bagaimana trik agar bau mulut Anda tetap segar.



Kecil bukan berarti tidak sarat manfaat. Jeruk nipis, buah berbentuk bulat dengan warna kulit hijau atau kekuning-kuningan, adalah salah satu contohnya. Tanaman yang diperkirakan berasal dari daerah India sebelah utara ini, tumbuh subur di daerah yang banyak terkena sinar matahari. Rasa buahnya asam, sedikit pahit dan sedikit dingin dengan bentuk bunga berukuran kecil dan berwarna putih.

Di balik bentuknya yang kecil, buah bernama latin Citrusaurantifolia ini ternyata memiliki segudang manfaat. Tak hanya sebagai campuran penyedap masakan ataupun minuman penyegar, jeruk nipis juga berkhaziat memberikan kesegaran untuk napas Anda.



Penelitian yang dilakukan Ohio State Biotechnology Centre, Ohio, Amerika Serikat, telah membuktikan bahwa jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin dan juga sejumlah mineral. Kandungan minyak terbang, seperti limonene, linalool dan flavonoid terdapat pada bagian daun, buah dan bunga dari tanaman ini. Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis juga memiliki kandungan senyawa kimia lainnya yang berguna bagi tubuh. Sebut saja, asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), asam sitrun, minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid), damar, glikosida, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang serta vitamin A dan B1. Dengan beragamnya kandungan yang dimilikinya, buah ini pun banyak digunakan sebagai obat.



Khaziat Jeruk Nipis

Kehadiran buah ini memberikan manfaat yang berbeda. Seperti yang kita tahu, bau mulut kerap menyertai. Aroma napas yang tak segar ini bisa menjadi persoalan besar karena dapat mengurangi kepercayaan diri dan mengganggu aktivitas Anda. Jeruk nipis yang sejak dulu lebih dikenal sebagai tanaman herbal penyembuh batuk ini, ternyata juga memiliki unsur yang dapat mewangikan mulut. Minyak menguap limonene yang terkandung pada jeruk nipis diyakini berkhaziat sebagai aromatik mengharumkan dan menyegarkan.

Bagaimana cara memanfaatkan buah ini untuk kesegaran mulut? Salah satu cara yang mudah adalah dengan menggunakan pasta gigi yang terbuat dari kandungan jeruk nipis, daun sirih dan garam. Untuk cara yang lebih tradisional, jeruk nipis bisa dimanfaatkan dengan cara: peras sari jeruk nipis, lalu tambahkan dengan sedikit madu. Aduk rata, kemudian minum 1-2 sendok larutan ini setiap hari. Hasilnya, napas Anda akan lebih segar dan bau mulut pun perlahan menghilang.