Busung Gibung/ Busung Sulawesi

Mulai beberapa tahun yang lalu yang saya tidak tahu pastinya, masyarakat Bali yang biasa bikin hiasan dari daun kelapa /janur sedikit demi sedikit mulai menggunakan bahan yang lain yaitu busung gibung (sebutan orang bali). Katanya busung(janur) ini berasal dari sulawesi makanya sering juga disebut dengan busung sulawesi.

Warna asli dari busung gibung ini aslinya adalah agak krem kecoklatan tetapi ada juga yang dijual sudah dalam keadaan putih bersih, kemungkinan sudah diolah dengan proses tertentu. Malahan ada yang warna-warni seperti yang terlihat pada foto.

Busung gibung ini sangat bagus dipakai sebagai perlengkapan dalam upacara seperti dipakai untuk tamyang, sampeyan penjor, pudakan, dan bahkan untuk jejaitan secara umum.

Dengan keuletan dan naluri seni maka busung gibung bisa dipakai berkreasi tanpa batas. Banyak hasil karya yang bisa dihasilkan yang bisa dipakai hobby sekalian menghasilkan uang. Disepanjang jalan di Kapal biasanya dipajang berbagai hasil kerajinan dari busung gibung ini. Ibu-ibu juga sangat gemar majejaitan menggunakan busung jenis ini.